profile links Credits
KUDA
MAIN
CONGKLAK

go to main

Archieves
July 2010 August 2010 September 2010 October 2010 November 2010 December 2010 February 2011 June 2011 September 2011 December 2011 January 2012 May 2012 July 2012 November 2012

Twitter


Thursday, November 4, 2010, 5:29 AM.
Apapun impian kita, dengan strategi yang tepat sasaran dan tahu jalannya, yakin deh akan bisa jadi kenyataan. Coba 5 kunci ini, untuk bisa memulai melangkah.

Kunci 1: Imajinasi

Imajinasi adalah kemampuan untuk memimpikan cita-cita yang tinggi, menciptakan visi tentang masa depan, yakin bahwa apa pun mungkin terjadi, mencari cara mengubah rintangan menjadi keunggulan. Yup! Berimajinasi membuat kita gak membatasi potensi diri, and try to find a way mengubah situasi "gak" menjadi "ya".
Coba deh mulai bangun imajinasi kita dengan melamun. Terus bikin jurnal untuk imajinasi impian kita itu, menjadi kenyataan.
Did you know, itukan yang dilakukan Andrea Hirata. Kalau suka sama buku tetraloginya, dan sudah nonton 2 filmnya, Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, tahu dong ya Andrea memulai semua hal yang tercurah di bukunya itu dari sebuah imajinasi. Sampai dia bisa sekolah keluar dari Belitung menuju Universitas Sorbonne, Prancis. So, what are you waiting for? Just make your own imagination, at least for one dream to reach as your short term goal.

Kunci 2: Percaya Diri
Percaya diri adalah sadar kita punya skill yang dibutuhkan untuk menggapai cita-cita, mau menghadapi tantangan baru, yakin kalau hal-hal yang sekarang tampak gak terjangkau, one day akan bisa digapai. Pede juga berarti commit buat maju, meski sulit.
Dari sekarang coba deh pikirkan kalau kita kehilangan rasa pede, langkah apa saja yang harus kita lakukan. Tulis semuanya untuk jadi guide nantinya.
Kita bisa belajar dari perjalanan karir Pinkan Mambo. Dengan modal pede yang kuat, dan tahu betul dia punya kualitas vocal yang oke, dia nekat minta di audisi sama Ahmad Dhani saat dia kebetulan ketemu di sebuah mall. Gak ada rasa takut, malu, yang ada hanya rasa pede.

Kunci 3: Berani Mengambil Risiko

Yaitu berani bertindak, gak takut gagal, dan juga mau menantang diri sendiri dan mau mencoba sesuatu yang baru atau berbeda. Renungkan deh, untuk melangkah meraih impianmu itu ada risikonya gak? Coba buat dua kolom di selembar kertas. Tulis pro dan kontra lengkap dengan semua alasan yang bisa kita pikirkan mengapa kita harus mengambil risiko yang ada.

Kunci 4: Berani Melangkah

Meraih mimpi berarti perlu keberanian mengerahkan kekuatan, juga berani menghadapi masalah, dan meminta bantuan. Intinya, kita harus berani melangkah. Pengen jadi penulis novel sukses, sutradara, presenter kondang, model catwalk, atau apapun, yuk mulai do something. Misalnya:
# Untuk jasi sutradara, langkahnya kita harus berani magang di production house. Meskipun itu membuat kita harus disuruh-suruh bantuin kru, bahkan kena omel sutradara yang moody.
# Untuk jadi presenter sukses, langkahnya latihan ngemsi di acara sekolah, belajar di public speaking course, sering-sering gaul untuk ngedapetin peluang jadi MC, sering gaul dengan event-event organizer di kotamu, atau gaul di radio di kotamu.
# Untuk jadi penulis novel, tentu kita harus berani bikin blog dan memposting tulisan, berani kirim tulisan ke media, rajin datang ke workshop bertemu penulis hebat atau pihak penerbit, berkenalan dengan mereka untuk menemukan link, dan lainnya.
# Untuk jadi model, langkahnya harus rajin merawat diri, ikut modeling course, bergabung di model agency, bergaul dengan teman-teman model untuk mendapat kesempatan.

Kunci 5: Keteguhan Hati
Terakhir, kita perlu tetap teguh pada cita-cita yang kita punya, bahkan ketika semua meragukanmu, mencoba lebih keras, mengubah rencana sesuai tantangan baru, dan pantang menyerah.
Dira Sugandi adalah teladan yang pas untuk kunsi ini. "Waktu itu aku menyadari bahwa kalau mau jadi penyanyi di Indonesia harus punya duit banyak dulu. Ah, saya cari alternatif lain aja" katanya. Setelah memulai karier bermusik di Bandung dan gak sengaja bertemu artis idolanya, Incognito di sebuah konser. Jadilah dia punya album berlabel internasional di UK. Setelah hijrah ke Indonesia tahun ini, barulah dia berencana membuat album disini.

sumber: MAJALAH REMAJA ANEKA YESS! NO. 20/27 SEPTEMBER- 10OKTOBER 2010
(0)