profile links Credits
KUDA
MAIN
CONGKLAK

go to main

Archieves
July 2010 August 2010 September 2010 October 2010 November 2010 December 2010 February 2011 June 2011 September 2011 December 2011 January 2012 May 2012 July 2012 November 2012

Twitter


Thursday, February 10, 2011, 5:16 AM.
Rata-rata, seorang manusia bisa menahan napas selama semenit, atau mungkin dua menit. Tapi, Stephane Mifsud canggih banget nih. Tanggal 8 Juni 2009, dia mencatat rekor sebagai orang yang mampu menahan napas terlama di dunia dengan catatan waktu 11 menit dan 35 detik.Banyak orang yang mengira Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Secara, ke manapun kita pergi kayaknya adaaaaa aja orang yang berbahasa inggris. Meski begitu, bahasa Inggris belum bisa mengalahkan predikat Mandarin sebagai bahasa nomor satu yang paling banyak digunakan di dunia.

Kalau milih pisang, biasanya kita akan memilih pisang yang masih mulus, alias enggak banyak bercak. Padahal, pisang yang banyak bercaknya itu justru lebih manis dibandingkan pisang yang mulus. Pisang yang penuh bercak mengandung gula sebanyak 20%, bandingkan dengan pisang mulus yang hanya mengandung 3% gula. Dan karena gula ini berasal dari buah, jadi aman banget buat kita konsumsi.

Di akhir abad 17, surfing pernah jadi salah satu olahraga yang dilarang. Mau tahu alasannya? Karena olahraga ini dianggap engga bermoral. Pada masa itu, surfing memang dilakukan tanpa mengenakan apa-apa alias telanjang.

Cewek selalu dianggap lebih bawel daripada cowok. Kenyataannya engga tuh. Hasil penelitian membuktikan cewek sama cowok sama aja bawelnya. Karena secara rata-rata, kita akan mengeluarkan sekitar 16.000 kata dalam sehari. Nah, kalau orang yang bawel beneran bisa mengeluarkan sampai 50.000 kata dalam sehari.
Beruntunglah kita yang hidup di abad 21. Saat ini, kalau gigi kita patah, tinggal datang ke dokter gigi, enggak lama kita udah punya gigi baru. Di awal abad 18, dokter gigi suka bingung mesti menggunakan apa buat bikin gigi palsu. Biasanya sih mereka akan menggunakan emas, gading, atau tulang kuda nil. Tapi, cara-cara ini dianggap cukup sulit. Yang paling gampang, mencari orang yang meninggal, yang saat itu banyak banget jumlahnya karena lagi perang, lalu menggunakan gigi mereka sebagai pengganti.

Sampai tahun 1300, warga Eropa engga mengenal yang namanya tempat sampah, apalagi sanitasi. Saat itu, mereka membuang sampah-sampah mereka begitu saja dari jendela. Langsung ke jalan! Bahkan, warga Eropa juga membuang pipis dan pup mereka (yang sudah dikumpulkan terlebih dahulu) dari jendela. Peringatannya cuma satu, mereka bakal berteriak, "Garde a l'eau!" yang artinya, "Awas air!"

Meski engga bisa mensterilkan makanan, suhu kulkas yang dingin memang berguna buat mencegah perkembangan mikroorganisme yang bikin makanan ccepat basi. Nah, kalau gitu, kenapa orang Eskimo tetap butuh kulkas? Tempat tinggal merekakan udah dingin banget. Justru karena terlalu dingin itulah, makanya orang Eskimo tetap menaruh makanan mereka di dalam kulkas. Paparan suhu yang terlalu dingin memang bikin makanan rusak dan engga termakan.

Dibandingkan bahasa-bahasa lain di dunia, bahasa inggris adalah bahasa dengan jumlah kosakata paling banyak. Tapi, orang-orang yang berbicara dalam bahasa inggris biasanya hanya menggunakan sekitar 1% dari keseluruhan jumlah kosakata. Soalnya, satu per tiga dari satu juta lebih kata dalam bahasa Inggris lebih sering digunakan sebagai istilah-istilah teknis

Sebelum ada odol, orang menggunakan berbagai cara untuk membersihkan gigi mereka. Orang Mesir Kuno menggunakan abu dari sapi kuku dan cangkang telur yang dibakar untuk membersihkan gigi. Di abad pertama, orang-orang malah menggunakan abu dari tikus, kelinci atau kepala serigala yang dibakar. Katanya, abu dari binatang-binatang ini bagus buat menjaga kesehatan gusi. Selain itu, mereka juga menyikat gigi menggunakan darah kura-kura tiga kali dalam setahun supaya engga sakit gigi.

sumber: majalah kawanku edisi 90: 12-26 Januari 2011
(0)